follow me ^__^

Rabu, 18 Juli 2012

JANGAN CURI BUDAYA KAMI !!

       Definisi budaya secara singkat adalah hasil karya, rasa dan cipta dari suatu masyarkat. Kebudayaan lahir dari sekelompok masyarakat yang tinggal disuatu daerah. Sekelompok orang itu akan memebentuk sebuah adat isitiadat tersendiri dan adat istiadat itu akan melahirkan berbagai macam hasil, seperti kuliner, kesenian, upacara dan bahkan sistem sosial.

       Indonesia, Negara yang diisi dengan beraneka ragam kultur dan budaya. Indonesia memang dikenal dengan budayanya yang unik dan khas oleh negara-negara lain. Karna itu negara lain selalu tertarik dengan kebudayaan Indonesia yang memiliki ciri khas dan tentunya berbeda.
Dengan jumlah penduduk yang banyak dan memiliki berbagai suku dan etnis, inilah cikal bakal budaya itu lahir. Sungguh sangat melimpah budaya yang dibawa oleh nenek moyang kita terdahulu hingga budaya yang lahir dengan iringan waktu sekarang ini.

       Ada ribuan atau mungkin jutaan budaya yang tersimpan dibumi pertiwi Indonesia ini, mulai dari tarian, ornamen, motif kain, alat musik, cerita rakyat, musik dan lagu, makanan dan minuman, seni pertunjukan, produk arsitektur, dan lain sebagainya. Ini merupakan sebuah kekayaan yang luar biasa yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa ke Negara Indonesia.

       Seperti tempat saya menuntut ilmu sekarang ini, Yogyakarta. Yogyakarta yang dikenal dengan kota pendidikan dan menyajikan keramahan disetiap sudutnya. Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah provinsi berdasarkan wilayah kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman.
Yogyakarta sendiri memiliki banyak budaya dari kuliner, kesenian hingga tujuan pariwisata. Contohnya seperti Sekaten. Sekaten yang dari dulu hingga sekarang ini tetap berlangsung setiap tahunnya. Sekaten diselenggarakan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lahir tanggal 12 Maulud dalam bulan ketiga tahun jawa. Diadakan pada tanggal 6 hingga 12 pada bulan yang sama. Sekaten sendiri meliputi "sekaten sepisan" dan ditutup dengan "grebeg" dihalaman Masjid Agung Yogyakarta. Sekaten diartikan sebagai simbol kebersamaan yang diidentik dengan kraton dan rakyatnya. Yogyakarta tidak hanya memiliki Sekaten saja, namun juga budaya lainnya yang tidak kalah uniknya.

       Namun curi budaya sedang marak jadi pemberitaan sekarang ini. Tak kenal lelah negara tetangga mencuri budaya asli Indonesia. Padahal bukti dan arsip telah membuktikan bahwa budaya tersebut asli miliki Indonesia. Namun negara lain tetap saja mencari budaya lain milik Indonesia untuk diakui oleh mereka. Ini membuktikan bahwa betapa bernilai dan berharga budaya yang dimiliki oleh Indonesia.
Peninggalan zaman kuno Indonesia yang begitu melimpah menjadi hal yang bernilai sangat mahal sekarang ini, sehingga membuat negara lain ingin mengakuinya bahwa budaya itu milik mereka. 

       Budaya Indonesia tetaplah menjadi budaya kami masyarakat Indonesia. Kami masyarkat Indonesia tentunya tak akan tinggal diam menghadapi situasi seperti ini. Jangan curi budaya kami! Karena budaya itu adalah harta karun yang sangat berharga bagi kami masyarakat Indonesia. Hilangkanlah sikap curi budaya yang seakan menjadi tren saat ini. Hargailah apa yang dimiliki oleh suatu negara.
Referensi :

25 komentar:

  1. Jogja memang merupakan salah satu tempat Sarangnya Budaya Indonesia... saya pernah satu kali ke Jogja... salutlah buat jogja.. :)

    Artikelnya menarik... :)
    saya sudah follow no 88 (Kang Harjho 35)... semoga berkenan followback yah... :D

    BalasHapus
  2. budaya yang dicuri itu memang kekayaannya Tuhan, tapi masalahnya kadang kita lupa menjaganya, sorry kalau agak kasar kak ngomongnya ane :D
    http://redbike92.wordpress.com/2012/07/18/jangan-curi-budaya-indonesia-brows/

    BalasHapus
  3. Yogyakarta!! <3
    Gue paling demen nih ke Yogya, soalnya dari arsitektur bangunannya aja masih kental banget sama nilai2 budaya daerahnya... ( >__O)b
    Btw, lewat postingan ini bertambah lagi deh wawasan Gue... Thx ya Dian...

    BalasHapus
  4. aku lahir di Yogyakarta tp blm pernah masuk keraton =,=
    Yogyakarta <--- kecil-kecil tp khas bgt budayanya :)

    BalasHapus
  5. Inget yogya, langsung inget gudegnya yang wah sekali itu loh. Yogya juga kota yg masih sangat kental dgn suasana budaya. Nice artikel! :D

    BalasHapus
  6. budaya itu mahal dan tidak boleh dibeli

    BalasHapus
  7. emang paling seneng kalau jalan-jalan ke yogyakarta. apalagi keratonnya. alhamdulillah keraton-keraton di yogyakarta terawat, bukan hanya bangunannya tapi juga isinya masih terawat.

    dan yang bikin gue makin cinta sama yogyakarta itu masyarakatnya yang terus memegang budaya daerah mereka. terbukti mereka masih sering mengadakan upacara-upacara tradisional gitu kayak sekaten, dan ada juga tuh yang sering gue liat di tv namanya Cuci Keris.

    BalasHapus
  8. Indonesia memang dikenal dengan budayanya yang unik dan khas oleh negara-negara lain. munking itu juga yang membuat orang iri dengan Indonesia lalu coba-coba ngeklaim.

    BalasHapus
  9. eheeem malah bikin envy kesana -_-

    BalasHapus
  10. asooyyy deh,

    nambah terus pengetahuan tentang RAGAM BUDAYA INDONESIA

    mari kita jaga dan lestarikan BUDAYA INDONESIA!!!

    BalasHapus
  11. Pengen deh ke Yogya lagi, pengen makan gudeg yang saya pesan pedas tapi ternyata lldah saya harus bilang masih manis. hehehe

    BalasHapus
  12. wah, kompakan nih bikin postingan dengan tema sama.

    BalasHapus
  13. ayo lestarikan budaya kita, ^^,

    #ehh btw, ni background putih berkilau bgt, hehe, aku smpe silau, B-)

    BalasHapus
  14. yeeey...ayo jaga budaya kita..
    jogja khususnya~ kan aku orang sana..hehe

    BalasHapus
  15. Bukti bahwa budaya asli Indonesia juga belum mendukung kalau rakyat Indonesia sendiri tidak melestarikan budayanya :)

    Btw blum pernah ke yogyakarta hehe, cuma liat di film-film doang kayaknya jogja enak suasananya apalagi ditemenin lagunya Kla project - Yogyakarta :D

    BalasHapus
  16. Aaahh.. pengen ke Yogya... belum pernah :'(

    BalasHapus
  17. awas kalo malaysia curi budaya jogja,, kami mahasiswa jogja gk akan kasih ampun.. haha

    BalasHapus
  18. Jogjaku memang asik....

    BalasHapus
  19. Kyaaaaa jadi kangen Jogja..
    mendadak jadi pengen pulkamp gegara postingan ini #homesick
    Jogja emang masih "kentel" banget sama budayanya :D

    BalasHapus
  20. Setuju banget nih mbak ... Sudah muak bangsa Indonesia akan hal itu ,,

    btw, Mohon followback blog saya ya :) Terimakasih ..

    BalasHapus
  21. jogja mah emang asik banget budayanya :D
    jadi kepengen ke jogja :3

    BalasHapus
  22. jadi khangen sama jogja nich.........khangen semuanya, makannnya, tempat2nya, keseniannya...

    BalasHapus
  23. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  24. Intinya singkat, kita sudah kaya, tinggal bagaimana melerstarikan. :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...